Rabu, 19 Desember 2012

Lomba Taman Antar Kelurahan se-Kota Magelang Tahun 2012


Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Kota (DKPT) Kota Magelang mengadakan kegiatan perlombaan taman hias, antar kelurahan dan SKPD Kota Magelang. Maksud dan Tujuan Lomba Taman antar Kelurahan dan SKPD adalah untuk mendukung Visi dan Misi Kota Magelang terkait dengan program Magelang Kota Sejuta Bunga.

Untuk mewujudkan program Magelang Kota Sejuta Bunga, masyarakat harus dilibatkan secara langsung. Salah satu cara adalah diadakannya Lomba Taman antar Kelurahan dan SKPD. Dari Lomba Taman antar Kelurahan dan SKPD diharapkan akan menggugah peran serta masyarakat sebagai embrio dalam program magelang Kota Sejuta Bunga, sekaligus upaya persiapan dalam penilaian Adipura.

Dalam Lomba tersebut setiap Kelurahan atau SKPD harus menyediakan taman dengan ukuran tertentu, kemudian akan dinilai oleh Tim Penilai yang merupakan Juri Independen. Untuk Kelurahan dapat menunjuk taman umum yang dikelola masyarakat (bukan taman pribadi) yang berada di wilayah Kelurahan tersebut, sedangkan SKPD adalah taman di lingkungan kantor.

Juri Independen diambil dari berbagai unsur, diantaranya adalah unsur Pemuda dari KNPI, unsur PKK, Kantor Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, dan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Kota Kota Magelang.

Kriteria penilaian diantaranya adalah keanekaragaman jenis tanaman, kerapian bentuk vegetasi, estetika taman, prosentase tanaman yang berbunga terhadap luas taman, keanekaragaman bunga, kebersihan sampah, dan peran serta masyarakat dalam memelihara taman.

Untuk kriteria peran serta masyarakat dalam memelihara taman, hanya terdapat di kriteria penilaian kelurahan saja. Karena sebagai taman bersama masyarakat harus tetap dan terus merawat taman tersebut, kalau perlu ada jadwal bergilir merawat taman tersebut. Karena harapannya taman tersebut selalu rapi, bukan hanya pada saat penilaian saja, dengan demikian taman di Kota Sejuta Bunga ini menyebar di masyarakat dan bukan hanya ada di pusat kota saja.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar