Minggu, 03 Februari 2013

KAMPUNG ORGANIK


 
Kampung Organik merupakan kampung yang dalam kehidupan rutin sehari-hari, penduduknya melestarikan alam lingkungan dengan baik dan benar, baik itu lingkungan biotik, abiotik, sanitasi, ekonomi, sosial dan budaya masyarakat.

Dalam kehidupan sehari hari di kampung organik, warga masyarakat membudidayakan sistem pertanian organik dalam skala rumah tangga  dan skala kawasan. Masyarakatnya juga sudah mengelola penampungan air  berupa lubang resapan dalam tanah untuk dimanfaatkan dalam sistem pertanian yang dikelola mereka dan memanfaatkannya untuk cadangan air tanah. Disamping itu warga masyarakat sudah mengelola sampah dengan menerapkan sistem pemilahan sampah di setiap rumah tangga, di lingkungan RT maupun RW, serta memanfaatkan sampah baik organik maupun non organik untuk kehidupan mereka. Dengan adanya pemanfaatan sampah yang dikelola secara mandiri, berakibat pada meningkatnya kebersihan lingkungan dan juga kesehatan masyarakat mampu dikelola dengan baik. Disamping itu, sampah yang dikelola dengan baik akan mampu menumbuhkan dan meningkatkan pendapatan warga masyarakat.

Dalam kehidupan masyarakat di kampung organik, ibu ibu dapat membantu Kepala Keluarga dengan melakukan penghematan anggaran belanja rumah tangga, dengan cara memanfaatkan hasil pertanian organik yang memiliki nilai gizi yang tinggi, makanan alami yang beragam dan makanan yang aman bagi kesehatan tubuh.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar