Kamis, 07 Februari 2013

SOSIALISASI DAN PENDAFTARAN JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA (JAMSOSTEK)

Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK) adalah program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu. Sebagai program publik, JAMSOSTEK memberikan hak dan membebani kewajiban secara pasti (Compulsory) bagi pengusaha dan tenaga kerja berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992, berupa santunan tunai dan pelayanan medis, sedangkan kewajiban peserta adalah tertib administrasi dan membayar iuran. Program Jamsostek memberikan perlindungan dasar, untuk menjaga harkat dan martabat manusia, khususnya tenaga kerja jika mengalami risiko-risiko sosial ekonomi dengan pembiayaan yang terjangkau oleh pengusaha dan tenaga kerja. Risiko sosial ekonomi yang ditanggulangi oleh program JAMSOSTEK, terbatas saat terjadi peristiwa kecelakaan, sakit, hamil, bersalin, cacat, hari tua, dan meninggal dunia, yang mengakibatkan berkurangnya atau terputusnya penghasilan tenaga kerja dan/atau membutuhkan perawatan medis.

 JAMSOSTEK dilandasi filosofi kemandirian dan harga diri. Kemandirian berarti tidak tergantung orang lain dalam membiayai perawatan pada waktu sakit, kehidupan dihari tua maupun keluarganya, bila meninggal dunia. Harga diri berarti jaminan tersebut diperoleh sebagai hak dan bukan balas kasihan dari orang lain. Agar pembiayaan dan manfaat optimal, pelaksanaan program Jamsostek dilakukan secara gotong royong, dimana yang muda membantu yang tua, yang sehat membantu yang sakit, dan yang berpenghasilan tinggi membantu yang berpenghasilan rendah (http://www.ksbsi.or.id).

Guna memberi perlindungan dasar bagi Petugas Kebersihan Kota Magelang yang berstatus tenaga kontrak dan tenaga harian lepas, Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Kota Kota Magelang mendaftarkan seluruh Petugas Kebersihan tersebut untuk mengikuti Program Jamsostek pada hari Kamis, 7 February 2013 di ruang rapat Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Kota Kota Magellan, Jalan Lamtoro 17, Tidar Baru, Kota Magelang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar