Jumat, 05 April 2013

SAMPAH BERMANFAAT JADI SAHABAT


MAGELANG (KRjogja.com) - Sejumlah 400 peserta diantaranya Tim Pengerak PKK, juru pemilah dan pengolah sampah tiap-tiap RW se Kota Magelang, serta sejumlah pelajar dari berbagai sekolah mengikuti pelatihan sistem pengelolaan sampah yang diselenggarakan Kantor Lingkungan Hidup Kota Magelang di Gedung Borobudur Golf Kota Magelang, Senin (01/04/2013). Acara ini bertajuk pemberdayaan pelatihan 3R (reduce, reuse, recycle) dan bantuan komposting.
"Peserta di bagi menjadi 5 angkatan, masing-masing angkatan akan mendapat pelatihan selama dua hari," kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Magelang, Machbub Yani Arfian.
Tujuan diadakan pelatihan tersebut diantaranya ingin merubah paradigma, sampah merupakan sumber daya yang bisa dimanfaatkan serta merubah sistem pengelolaan sampah dari kumpul-angkut-buang menjadi pilah-olah-buang. Selama dua hari peserta mendapat materi pelatihan berupa pengelolaan sampah organik dan anorganik, PKK Smart serta pengelolaan bank sampah.
Sementara itu Walikota Magelang Ir Sigit Widyonindito MT saat membuka kegiatan ini nampak mengapresiasi diselenggarakannya acara tersebut. Menurutnya, kegiatan semacam ini harus sering diadakan agar masalah sampah tidak menghantui masyarakat. Jika sampah dikelola dengan baik juga akan bermanfaat bagi manusia.
"Ini salah satu upaya dalam merubah perilaku pemerintah, masyarakat dan dunia usaha terhadap pengeloaan sampah," katanya sambil menambahkan sampah jika dikelola dengan baik akan membuahkan hasil yang berguna bagi kehidupan masyarakat. (Tha)


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar