Kamis, 20 Desember 2012

Ratusan Umat Buddha Bersihkan Kali Di Magelang


Sekitar 200 umat Buddha dari Yayasan Padita Sabha Buddha Dharma Indonesia bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat Gerakan Peduli Sekitar Kita (GPSK) dan Dinas Pertamanan dan Tata Kota Magelang melakukan bakti sosial membersihkan Kali Bening, Kota Magelang.
“Bakti sosial dalam rangkaian perayaan Waisak 2012 ini juga melibatkan warga setempat, diharapkan masyarakat setempat dapat menikmati air bersih untuk berbagai keperluan,” kata Ketua GPSK, Irwan Prasida, di Magelang, Jumat.
Gerakan kali bersih yang ditandai dengan pelepasan peserta oleh Camat Magelang Tengah, Sri Supriyanti tersebut membersihkan kali sepanjang 500 meter dari sampah yang sebagian besar berasal dari sampah rumah tangga.
Ia mengatakan, pelaksanaan karya bakti bersih kali sebagai bagian dari pelaksanaan ajaran Buddha untuk mencintai dan membalas budi pada alam semesta.
“Perayaan Tri Suci Waisak mengajak umat untuk mengingat kembali keluhuran ajaran dan tingkah laku Sang Buddha. Manusia dan alam semesta adalah satu,” katanya.
Jika alam semesta musnah, katanya, umat juga akan musnah. Oleh karena itu, sewajarnya umat menerapkan ajaran Sang Buddha dalam kehidupan sehari-hari dengan terus berkomitmen untuk menjaga keseimbangan alam semesta dan lingkungan. Salah satunya, dengan membersihkan lingkungan sekitar.
Ia berharap gerakan kali bersih ini dapat menggerakkan hati masyarakat untuk membersihkan dan menjaga kebersihan kali. Kali adalah sumber air dan air adalah penopang kehidupan semua makhluk hidup, termasuk manusia.
“Kalau tidak ada air, lingkungan yang ada di sekitarnya akan punah dan keseimbangan lingkungan akan terganggu sehingga mengakibatkan munculnya serangan hama, invasi binatang ke permukiman penduduk, dan binatang menjadi kebal,” katanya.
Sri Supritanti, menuturkan, inisiatif gerakan kali bersih ini berasal dari Pemerintah Kota Magelang, khususnya Dinas Kebersihan dan Dinas Tata Kota Magelang yang telah berhasil menangani kebersihan di berbagai area Kota Magelang.
Ia mengatakan, Pemerintah Kota Magelang merasa kebersihan kali belum tersentuh oleh masyarakat maupun pemerintah kota sehingga YPSBDI dan GPSK perlu memberikan teladan bersama-sama masyarakat melaksanakan gerakan kali bersih untuk membuat Kota Magelang makin bersih dari sampah lingkungan.
“Kami sangat berterima kasih atas upaya yang dilakukan Yayasan Pandita Sabha Buddha Dharma Indonesia untuk membantu kami membersihkan Kota Magelang. Kami yakin, gerakan ini akan dapat membantu warga lebih cinta lingkungan,” katanya.
Sumber: Antaranews

Sumber :http://kabarmagelang.com/ratusan-umat-buddha-bersihkan-kali-di-magelang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar