Kamis, 20 Desember 2012

Rayakan Waisak, Umat Buddha Bersihkan Sungai


Ratusan umat Buddha merencanakan membersihkan Sungai Bening di Kota Magelang, Jawa Tengah, dari sampah sebagai rangkaian perayaan Waisak 2012 di Candi Borobudur.
Rayakan Waisak, Umat Buddha Bersihkan Sungai
"Kira-kira ada 300 umat bersama warga yang akan melakukan bakti sosial membersihkan Kali Bening, Jumat (4/5)," kata staf publikasi Yayasan Pandita Sabha Buddha Dharma Indonesia (YPSBDI) Iwan Setiawan yang dihubungi dari Magelang, Rabu.
Ia menjelaskan, kegiatan itu bekerja sama dengan Dinas Pertamanan dan Tata Kota Pemkot Magelang danLembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Peduli Sekitar Kita (GPSK).
Pihak pemkot setempat, katanya, berkepentingan terhadap kegiatan itu sebagai salah upaya meraih penghargaan Adipura mendatang.
"Kami juga mendapat masukan dari Pemkot Magelang, memang untuk mendapatkan Adipura salah satunya juga menyangkut kebersihan sungai," katanya.
Yayasan itu salah satu lembaga keagamaan Buddha di bawah naungan Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dengan salah satu programnya berupa pembinaan kepada umat untuk mencintai lingkungan.
"Sang Buddha mengajarkan untuk menjaga lingkungan karena manusia dan lingkungan tidak terpisahkan. Kalau lingkungan kotor, manusia juga susah. Jadi kegiatan bakti sosial ini, bagi kami menjadi bagian dari pelaksanaan ajaran Buddha," katanya.
Puncak Waisak 2012 jatuh pada Minggu (6/5) ditandai dengan meditasi detik-detik Waisak oleh umat Buddha berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri di Candi Mendut pada pukul 10.34.49 WIB, dilanjutkan dengan prosesi berjalan kaki menuju Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Saat Hari Waisak, umat akan melakukan rangkaian persembahyangan di Candi Borobudur. (Sumber, www.antarajateng.com)

Sumber :
http://www.magelangkota.go.id/publikasi/berita-magelang/rayakan-waisak-umat-buddha-bersihkan-sungai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar