Sabtu, 15 Desember 2012

Kirab Adipura Kota Magelang


Photobucket
Pada tahun 2010 ini, Kota Magelang kembali berhasil meraih Adipura untuk ke-3 kalinya. Magelang sebagai kategori Kota Sedang semakin mantap menegaskan diri sebagai Kota Jasa yang Bersih, Indah dan Nyaman. Diraihnya Adipura ini tentu saja tidak lepas dari kerjasama yang baik antara pemangku pemerintahan dan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keindahan Kota Magelang. Sebagai wujud syukur maka pada tanggal 17 Juni 2010 Adipura yang telah diterima oleh Walikota dan Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Kota (DKPT) diserahkan kepada 3 camat dan 17 lurah untuk selanjutnya dikirab keliling Kota Magelang.
Upacara bendera yang selalu dilaksanakan pada tanggal 17 setiap bulannya, kali ini terasa istimewa karena dikaitkan dengan penyerahan Adipura. Selain itu bukan hanya Abdi Negara yang berseragamkan Korpri dan peci yang mengikuti upacara, tetapi juga hadir Pasukan Kuning yang berbaris rapi di sebelah barat lapangan. Gerimis yang turun ringan tidak menghalangi niat dan khidmat peserta dalam mengikuti upacara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bapak Walikota Magelang, H Fahriyanto. Dalam amanahnya beliau menyampaikan agar dari tahun ke tahun kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan, keindahan dan kelestarian lingkungan dapat senantiasa ditingkatkan. Naiknya nilai minimal untuk memperoleh Adipura membuktikan bahwa setiap tahun kita harus melakukan upaya keras untuk mempertahankan dan kembali meraih Adipura. Pada kesempatan ini, beliau (yang masa jabatannya akan berakhir pada Agustus 2010) juga pamitan kepada masyarakat sekaligus berterima kasih atas dukungan yang diberikan selama 10 tahun ini untuk membangun Kota Magelang.
Photobucket
Setelah dilakukan penyerahan Adipura kepada camat dan lurah, maka selanjutnya Adipura akan dikirab keliling Kota Magelang. Kirab ini diikuti oleh beberapa pasukan yang mengendarai mobil dan sepeda motor. Di barisan pertama ada Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Magelang bersama 3 Camat dari Kecamatan Magelang Utara, Magelang Tengah dan Magelang Selatan yang membawa Adipura. Diikuti pada barisan selanjutnya Lurah dari 17 Kelurahan, Dinas Pengelolaan Pasar, DKPT, Babin Kamtibmas, PNS yang mengendarai motor plat merah dan Satpol PP. Kirab ini akan berakhir di Kecamatan Magelang Utara untuk selanjutnya Adipura akan disemayamkan dan kembali dikirab ke kecamatan atau kelurahan lain.
Adipura merupakan dambaan setiap kota dan untuk mendapatkannya pun bukan suatu hal yang mudah, ada banyak kriteria yang harus dipenuhi agar bisa berada di atas nilai minimal. Semoga Adipura bukan sekedar simbol kebersihan suatu kota tetapi lebih kepada trigger kepada suatu kota dan elemen pendukungnya agar senantiasa menjaga kebersihan dan keindahan kota bukan karena suatu tuntutan melainkan memang menjadi suatu kebutuhan dan kesadaran. Mari kita wujudkan Visi Magelang sebagai Kota Jasa yang Bersih, Indah dan Nyaman.

Sumber :
http://www.yudhakaryadi.com/kirab-adipura-kota-magelang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar